abstrak pengembangan media pbkom audio visual

MENGEMBANGKAN MEDIA PBKOM AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA CAPTIVATE
Edy Wihardjo dan Toto’ Bara Setiawan

Abstrak: Rerata nilai Algoritma Pemrograman relatif rendah yaitu 70,4. Rendahnya nilai disebabkan oleh keterbatasan: pengetahuan prasyarat peserta, waktu praktikum, latihan mandiri diluar praktikum, dan jumlah Asisten. Keterbatasan tersebut diyakini mampu diatasi dengan mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer (pbkom) audio visual yang bersifat: tutorial bercabang, mandiri, dan executable. Pengembangan dilakukan melalui tahapan: konsultasi dengan Dewan Pakar (pakar materi pembelajaran, algoritma pemrograman dan bahasa Indonesia), penilaian Dosen matakuliah Algoritma Pemrograman, dan ujicoba. Perbaikan draf media pembelajaran dilakukan berdasarkan: masukan dan saran Dewan Pakar, penilaian dan tanggapan Dosen, data observasi pelaksanaan ujicoba, dan hasil wawancara dengan sembilan subjek uji. Pengembangan mengalami kendala dalam hal: perekaman (rekrutmen, pemahaman materi, dan kualitas suara dubber, serta pengaturan waktu dubbing), hardware (suara rekaman kurang bening karena terganggu suara CPU), dan software (mahalnya pengadaan program Flash, Captivate dan Nero Wave Editor). Kendala diatasi dengan menyesuaikan waktu dubbing, sehingga waktu perekaman relatif lebih lama, meminimalkan gangguan suara (noise) dengan merekam menggunakan laptop dengan power baterai, menggunakan program Flash dan Captivate versi trial, dengan konsekuensi 3 bulan sekali melakukan instalasi ulang, dan menggunakan program editing audio freeware. Produk akhir pengembangan disediakan sebagai materi pembelajaran di blog pembelajaran Universitas Jember, http://edywihardjo.blog.unej.ac.id.
Kata kunci: media pembelajaran berbantuan komputer audio visual, Captivate.

Penelitian dosen muda dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 008/SP2H/PP/DP2M/III/2008.
Edy Wihardjo adalah dosen Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Jember. Email: edy@fkip.unej.ac.id. Blog http://edywihardjo.blog.unej.ac.id.
Toto’ Bara Setiawan adalah dosen Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Jember. Email: totobara@fkip.unej.ac.id)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.