Evaluasi Laporan Uji Perangkat Soal

Apakah memuat komponen berikut:
 Pendahuluan (latar belakang, tujuan, manfaat)
 Paparan data :
 Lokasi : nama sekolah, alamat sekolah, nomor telpon.
 Responden : nama Kepala Sekolah, nama Wakasek Kurikulum, nama guru matematika –termasuk guru matematika di kelas lain.
 Jumlah seluruh kelas (VII-IX atau X-XII), jumlah kelas pararel, jumlah siswa di kelas eksperimen,
 Jam pelajaran matematika, alokasi waktu.
 Silabus, RPP
 Waktu pelaksanaan uji perangkat soal.
 Gambaran situasi kondisi.
 Kendala yang dihadapi.
 Kronologi:
 Penjajagan, misal Rabu, 24 Desember 2008, Andi menemui Kepala Sekolah. Kepala Sekolah menyarankan untuk menemui Wakasek Kurikulum. Wakasek Kurikulum menunjuk guru matematika yang mendampingi.
 Konsultasi kisi-kisi soal.
 Konsultasi draf perangkat soal.
 Bisa dalam format tabel, misal NO | WAKTU (HARI, TGL) | KEGIATAN | PELAKSANA | KETERANGAN
 Kisi-kisi soal
 Surat pengantar (Dosen pengampu atau PD1).
 Surat keterangan telah melakukan uji perangkat soal dari sekolah yang ditandatangani Kepala Sekolah dan distempel. Surat keterangan memuat nama seluruh anggota.
 Daftar nama siswa.
 Soal pilihan ganda yang diujikan.
 Kunci jawaban.
 Alasan/kelayakan opsi sebagai pengecoh.
 Tabel rekapitulasi nilai. Detil per nomor soal. Pada baris terakhir terdapat tingkat kesukaran soal (1).
 Tabel nilai setelah diurutkan dari nilai tertinggi.
 Tabel kelompok atas (25 atau 27%).
 Tabel kelompok bawah (25 atau 27%).
 Tabel perhitungan daya beda (2).
 Analisis daya beda (per nomor).
 Jika terdapat ‘error’ perlu revisi.
 Tabel berfungsi tidaknya opsi (per nomor) (3).
 Analisis berfungsi tidaknya opsi.
 Jika terdapat ‘error’ (opsi tidak berfungsi) perlu melakukan revisi.
 Konversi ke nilai 10.
 File hasil revisi dikumpulkan pada Rabu, 31 Des 2008. Jika terdapat lebih dari 1 file, simpan dalam folder dengan nama kelompok, misal “kelompok 1”.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.