Gampang Nulis Artikel

Minggu (13/11) saya diundang HMP Mathematics Students’ Club (MSC) untuk berbagi ilmu mengenai mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menulis artikel ilmiah, dengan audiens mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Matematika,.Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Jember.

Dalam pembicaraan awal dengan panitia, saya menawarkan untuk belajar menulis dokumen terstruktur menggunakan LaTeX. Dengan pertimbangan, pengetahuan dan ketrampilan ini tepat dimiliki oleh Mahasiswa Matematika, terutama untuk menulis artikel ilmiah yang memuat sejumlah persamaan matematika (equation).

Memang tidak setiap praktisi matematika menulis equation menggunakan LaTeX atau bahkan sekedar mengenal LaTeX, karena ribet dan kompleks. Langka, saya seorang diantaranya. Saya mengenal dengan baik LaTeX, salah satunya karena saya menulis –baik sebagai editor atau penulis– sejumlah buku menggunakan LaTeX yang diterbitkan oleh Penerbit CV. RumahKita.

https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=CV.+Rumah+Kita&searchCat=Penerbit

Namun, karena alokasi waktu workshop yang disediakan hanya 60 menit, maka disepakati untuk mengoptimalkan aplikasi Word –karena sudah cukup dikenal oleh mahasiswa– untuk menulis dokumen terstruktur.

Video Tutorial di Channel PakarTI

Berdasar info dari panitia, jumlah peserta ratusan –dari 5 kelas maba. Maka diperlukan sejumlah asisten untuk mendukung pemaparan materi dan praktik. Untuk itu, telah dilakukan kegiatan Asistensi secara daring pada Jumat (11/11) siang. Berikut rekamannya, yang telah diunggah ke kanal PakarTI.

Asistensi

Pedoman Penulisan

Pada dasarnya, teknik penulisan ini bisa diterapkan pada event apapun, misal kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa Nasional (rangkaian awal PIMNAS), dengan catatan mengacu pada panduan penulisan event tersebut.

Untuk kegiatan workshop, kita akan mengacu pada pedoman penulisan karya ilmiah Universitas Jember, yang bisa diunduh dari laman unduhan.

Satu pemikiran pada “Gampang Nulis Artikel”

  1. Ping-balik: Neo P-PKI – MAT

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.