Mengenal Octave

Posted on: 9 Maret 2018, by :
Panduan Praktikum 1 Octave
Edy Wihardjo, S.Pd. M.Pd.
edisi revisi: 3 Maret 2018
Panduan ini merupakan draf Buku Ajar Octave untuk digunakan sebagai referensi pada matakuliah Algoritma Pemrograman.

Karena masih berupa draf, artinya masih dalam proses penulisan, silakan draf ini diedarkan untuk kalangan terbatas, mohon tidak diedarkan secara luas, dan digunakan hanya untuk kepentingan perkuliahan matakuliah Algoritma Pemrograman.

Silakan kirim kritik, saran perbaikan melalui email: edy.fkip@unej.ac.id atau melalui pesan Telegram https:/t.me/edyjo utnuk mendapat respon yang lebih cepat.

Mengunduh Octave

Octave merupakan suatu program yang bersifat freeware. Silakan digunakan untuk kepentingan non-komersial, misalnya untuk pendidikan.

Anda, bahkan, bisa mengakses kode sumbernya (source code).

Di samping Source, Octave juga tersedia untuk komputer dengan sistem operasi GNU/Linux, macOS, BSD, dan Windows.

Dengan asumsi, pembaca tutorial ini, pengguna OS WIndows

Silakan unduh Octave melalui link berikut: https://ftp.gnu.org/gnu/octave/windows/ sesuai kebutuhan Anda.

Untuk OS Windows terdapat opsi (pilihan) untuk platform 32 bit ditandai dengan nama file yang memuat ..w32.. dan platform 64 bit, ditandai dengan nama file yang memuat ..w64...

Sebagai gambaran Octave platform 32 bit bisa dioperasikan baik pada Windows 32 bit maupun Windows 64 bit. Sedangkan platform 64 bit hanya bisa dioperasikan pada Window 64 bit atau tidak bisa dioperasikan pada Window 32 bit.

Octave

Octave rilis terbaru (pada 28 Feb 2018) adalah versi 4.2.1

terdapat versi installer dengan ekstensi file .exe dan versi portable dengan ekstensi .zip

Tutorial ini menampilkan step-by-step instalasi Octave versi installer untuk sistem operasi Windows 64 bit. Instalasi Octave untuk OS Windows 32 bit tidak jauh berbeda.

Menginstal Octave

Proses instalasi dimulai dengan meng-klik ganda (double click) file installer Octave.

Octave

Pada saat Octave diinstal pada OS Windows 10, tampil pesan warning yang menyatakan bahwa Octave belum sepenuhnya diuji (not fully tested) pada sistem operasi Windows 10.

Silakan klik Yes untuk melanjutkan instalasi. Instalasi Octave pada OS Windows 10 saya berfungsi dengan normal.

Octave

Kemudian, tampil warning kedua, terkait dengan Octave yang tidak menemukan JRE (Java Runtime Environment) pada sistem komputer saya. Ketiadaan JRE akan berpengaruh pada fungsi khusus (tertentu) Octave. Sehingga Anda masih tetap bisa melanjutkan instalasi Octave, yaitu dengan mengklik Yes, dan menginstal JRE kemudian, ketika dibutuhkan.

Octave

Tampilan awal adalah welcome screen terkait informasi panduan instalasi Octave. Silakan klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Octave

Setelah itu, ditampilkan License Agreement terkait pemanfaatan (penggunaan) Octave. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Octave

Kemudian ditampilkan opsi instalasi, yang meliputi: (1) opsi untuk menginstal Octave untuk semua pengguna pada sistem komputer tujuan, (2) membuat pintasan di desktop, disarankan dicentang, untuk memudahkan mengaktifkan (menjalankan) Octave, dan (3) mendaftar file dengan ekstensi .m, yaitu file Matlab untuk diasosiasikan dengan Octave.

Octave

Menentukan lokasi instalasi. Secara default, Windows akan mengarahkan instalasi ke folder C:\Program Files.

Octave

Namun, Octave mensyaratkan lokasi instalasi tidak memuat spasi . Dalam hal ini, karena Program Files memuat spasi, maka Anda perlu mengarahkan ke lokasi instalasi yang tidak memuat spasi, misalnya C:\Octave.

Anda bisa mengarahkan ke lokasi lain yang berbeda. Dengan catatan, nama folder tidak memuat spasi.

Octave

Setelah meng-klik Install, maka proses instalasi akan berjalan.

Octave

Lama instalasi bergantung pada spesifikasi komputer Anda.

Octave

Setelah beberapa saat, proses instalasi dinyatakan selesai.

Octave

Sebelum meng-klik Finish, Anda bisa memilih untuk menampilkan file Readme dan langsung menjalankan Octave.

Menjalankan Octave

Untuk menjalankan Octave, silakan klik pintasan (shortcut) Octave di desktop, hingga ditampilkan welcome screen seperti berikut. Klik Next untuk melanjutkan.

Octave

Kemudian, ditampilkan opsi untuk memungkinkan Octave melakukan koneksi untuk menampilkan Community News dari komunitas pengguna Octave.

Octave

Silakan uncheck jika tidak berkenan. Klik Next untuk melanjutkan.

Octave

Setelah itu, ditampilkan link (tautan) untuk mengakses dukungan (support) dan dokumentasi panduan, baik secara online (berupa file .html) maupun offline, yaitu file .pdf. Klik Finish untuk melanjutkan.

Octave

Jika pada proses instalasi Anda mencentang pilihan untuk membuat shortcut , maka di desktop akan terdapat 2 shortcut , yaitu Octave ... (GUI) dan Octave ... (CLI).

Octave

Tampilan Octave (GUI) sebagai berikut:

Octave

Sedangkan tampilan Octave (CLI) sebagai berikut.

Octave

Perbedaan diantara keduanya adalah sebagai berikut. Pada Octave (GUI), ditandai dengan >>. Adapun pada Octave (CLI) ditandai dengan adanya baris perintah yang dimulai dengan octave:> disertai nomor baris, misalnya ocatve1:>.

Untuk memudahkan penulisan , pada tutorial berikutnya, akan dicantumkan penulisan perintah menggunakan sistem GUI yaitu hanya dimulai dengan >>, bukan octave:>. Namun Anda tetap bisa mengoperasikannya, baik di sistem GUI maupun CLI.

Nias Cluster, 3 Maret 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *