Pemanfaatan OBS dalam Pembelajaran Matematika

Pertemuan 1: Teori

Jumat (31/3) | 7.50-9.45

Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan pemahaman teori mengenai OBS dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika. Beberapa hal yang dijelaskan dalam pertemuan ini antara lain:
  1. Pengertian OBS (Open Broadcaster Software). Mahasiswa diberikan pemahaman mengenai apa itu OBS, fungsi dan kegunaannya dalam pembelajaran matematika.
  2. Fitur OBS yang relevan dengan pembelajaran matematika. Mahasiswa diberikan penjelasan mengenai fitur OBS yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika, seperti fitur untuk menampilkan layar, menambahkan gambar, menambahkan teks, dan lain sebagainya.
  3. Pemanfaatan OBS dalam pembelajaran matematika. Mahasiswa diberikan pemahaman mengenai bagaimana pemanfaatan OBS dalam pembelajaran matematika dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika.
  4. Cara menggunakan OBS. Mahasiswa diberikan penjelasan mengenai langkah-langkah penggunaan OBS, mulai dari mengunduh, menginstal, dan mengkonfigurasi OBS untuk dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Pertemuan 2: Praktikum 1

Jumat (31/3) | 12.25-13.00

Pada praktikum pertama, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mempraktekkan penggunaan OBS dalam pembelajaran matematika. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam praktikum ini antara lain:
  1. Mempersiapkan OBS. Mahasiswa diberikan waktu untuk mengunduh dan menginstal OBS, serta melakukan konfigurasi awal.
  2. Mempersiapkan materi pembelajaran. Mahasiswa diminta untuk mempersiapkan materi pembelajaran matematika yang akan disampaikan menggunakan OBS.
  3. Praktik penggunaan OBS dalam pembelajaran matematika. Mahasiswa diminta untuk mempraktikkan penggunaan OBS dalam pembelajaran matematika dengan mempresentasikan materi pembelajaran menggunakan OBS kepada teman-temannya dan menjelaskan bagaimana OBS tersebut dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika.

Pertemuan 3: Praktikum 2

Jumat (31/3) | 13.10-13.45

Pada praktikum kedua, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempraktikkan cara menggunakan OBS dengan lebih kompleks dalam pembelajaran matematika. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam praktikum ini antara lain:
  1. Menentukan tujuan pembelajaran. Mahasiswa diberikan sebuah topik pembelajaran matematika dan diminta untuk menentukan tujuan pembelajaran serta menentukan fitur OBS yang tepat untuk membantu mencapai tujuan tersebut.
  2. Mempersiapkan materi pembelajaran. Setelah menentukan tujuan pembelajaran dan fitur OBS yang tepat, mahasiswa diminta untuk mempersiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan menggunakan OBS. Materi pembelajaran ini harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
  3. Praktek penggunaan OBS dalam pembelajaran matematika. Mahasiswa diminta untuk mempraktikkan penggunaan OBS dalam pembelajaran matematika dengan mempresentasikan materi pembelajaran menggunakan OBS kepada teman-temannya. Selama presentasi, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan fitur-fitur OBS dengan baik sehingga dapat membantu memperjelas dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika yang disampaikan.
  4. Evaluasi dan refleksi. Setelah praktikum selesai, mahasiswa akan diminta untuk melakukan evaluasi dan refleksi terhadap pengalaman mereka dalam menggunakan OBS dalam pembelajaran matematika. Evaluasi dan refleksi ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami kelebihan dan kekurangan OBS dalam pembelajaran matematika serta membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan penggunaan OBS di masa depan.
Demikianlah panduan praktikum pemanfaatan OBS dalam pembelajaran matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika dalam tiga pertemuan. Dengan praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan menguasai penggunaan OBS dalam pembelajaran matematika sehingga dapat membantu mereka menjadi guru matematika yang berkualitas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.