”Piranti keras (hardware), piranti lunak (software), dan piranti otak (brainware) yang diperlukan untuk menerapkan Online Assessment”

Oleh :
kelompok 5a4

Ahmad Zainullah                        (1010251025)
Eka Wahy Sri Martini                 (1010251032)
Roviqoh                                      (1010251001)
Ike Nurjannah                             (1010251018)
Mursida Nur Zilfiah                   (1010251011)

1.    Piranti keras (hardware)
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Biasanya perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada di luar casing.Perangkat keras yang berada di dalam casing umumnya terdiri dari:
Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.
Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.
c.       Random Access Memory (RAM)
RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)
d.      Video Graphic Array (VGA)
VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
e.       Hard Disk Drive(HDD)
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.
f.       Optical Disc Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.
g.      Power Supply Unit (PSU)
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.
Selain dari perangkat keras komputer yang terdapat di dalam casing, ada juga komponen-komponen yang umum kita lihat diluar casing:
a.    Monitor
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
b.      Keyboard dan Mouse
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.
Diluar komponen-komponen yang sudah kita sebut diatas, ada pula perangkat keras komputer yang tidak semua komputer memilikinya:
a.    Uninterruptable Power Supply (UPS)
Sering disebut juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.
b.    Printer dan Scanner
Printer berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.
c.    Speaker
Fungsi dari speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara.
d.    Sound Card (Kartu suara)
Fungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker
e.    Modem
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet
f.     LAN Card
Fungsinya sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan.
Berdasarkan penjelasan yang telah dijelaskan diatas yang menjelaskan tentang fungsi perangkat keras semuanya merupakan sebuah kontributor penting yang saling berkaitan. Semua perangkat keras tersebut saling melengkapi satu sama lainnya. Untuk menerapkan online assesment dibutuhkan perangkat keras yang lengkap. Misalnya modem, dengan adanya modem kita akan lebih mudah untuk online dan mengakses assesment. Tanpa menggunakan modem atau adanya modem kita akan sedikit kesulitan. Akan tetapi dari semua fungsi yang sudah dijelaskan diatas tidak akan bisa berdiri sendiri, karena jika tidak ada salah satu diantara komponen – komponen tersebut maka kita akan kesususahan. Jadi semua komponen – komponen diatas sangat penting dan saling berkaitan serta saling membutuhkan untuk menerapkan online asssesment.
2.      Perangkat lunak (software)

·         Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

·         Pengelompokan Perangkat Lunak berdasarkan Fungsi

Komputer tidak akan berguna tanpa keberadaan perangkat lunak (Software). Komputer bekerja atas dasar intruksi. Sekumpulan intruksi diberikan untukmengendalikan perangkat keras komputer. Sekumpulan intruksi ini dikenal dengan sebutan Program atau Program Komputer. Secara umum, program komputer inilah yang disebut perangkat lunak.

Berdasarkan fungsinnya perangkat lunak , dikelompokkan menjadi:
§  program aplikasi (Aplication Program)
§  program sistem ( System Program).

 

·         Program Sistem

Program Sistem ( sering disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan/keluaran. Kedudukan Program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Itulah sebabnya, peran program sistem sering kali tidak terlihat secara langsung.
Program Sistem dikelompokkan lagi, menjadi:
§  Program Pengendali Sistem adalah program yang mengendalikan pemakaian perangkat keras, perangkat lunak, dan data pada komputer selama program ini di jalankan,. Misalnya, Sistem Operasi.
§  Program Pendukung Sistem adalah program yang mendukung operasi, manajemen, dan pemakai sistem komputer dengan menyediakan bermacam-macam layanan. Termasuk dalam kelompok ini adalah program utilitas, pemantau kinerja sistem, dan pemantau keamanan.
§  Program Pengembangan Sistem adalah program yang ditujukan untuk membantu pemakai dalam membuat/mengembangkan program. Termasuk dalam katagori ini yaitu kompiler dan interpreter.
Program aplikasi (sering kali hanya disebut APLIKASI saja) adalah program yang dibuat oleh peemakai yang ditujukan untuk melakukan tugas khusus
§  Program Aplikasi Serbaguna adalah program aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai untuk melaksanakan hal-hal yang bersifat umum.
§  Program Aplikasi Spesifik adalah program yang ditujukan untuk menangani hal-hal yang sangat spesifik. Misalnya, program pada sistem POS ( point – of – sale ) dan ATM.

Sistem operasi

Sistem Operasi Adalah : program yang bertindak sebagai perantara atau pemakai komputer dan perangkat keras komputer. Tujuan sistem operasi adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan pemakai dapat menjalankan program apapun dengan mudah.

Fungsi Sistem Operasi

§  Management Proses mencakup peniapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang berjalan atau sedang dijalankan.
§  Management sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumberdaya komputer.
§  Management data berupa pengendalian terhadap data masukan / keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dan peranti penyimpan skunder maupun dalam memori utama.
§  Mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi

Multiprograming

Multi programing merupakan suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer, berbagai sumberdaya dalam waktu yang berlainan. Sebagai contoh, dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU. Sedangkan yang lain menggunakan printer. Di dalam sistem multiprogramming, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadisampai intrupsi seperti permintaan masukan.
Konsep Multiprogramming dapat di analogikan dengan pengacara yang tentu saja tidak hanya menangani satu klien. Ketika suatu kasus dari seorang klien sedang bmenunggu proses pengadilan, sang pengacara dapat menangani kasus yang lain, dengan cara yang seperti ini tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia(menganggur).

Multi Tasking

Multi Tasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seorang pemakai dapat menjalankan sejumlah program dalam waktu yang bersamaan . Cara ini umum nya dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem operasi window, seseorang dapat menjalankan program word untuk membuat dokumen dan sekaligus menjalankan program aplikasi Excel. Pemakai dapat berpindah dari suatu program ke program yang lain dengan mudah dan setiap program tetap d eksekusi oleh CPU.

Spreedsheet

Spreadsheet ( Lembar kerja ) adalah program serbaguna untuk mengelola data dalam bentuk tabel dan dapat melakukan perhitungan-perhitungan secara dinamis terhadap data. Microsoft Excel merupakan contoh dari Spreadsheet terkenal pada lingkungan windows, sedangkan StarOffice Calc merupakan contoh program presentasi Linux.

Program Presentasi

Program Presentasi adalah perangkat lunak/program yang digunakan untuk membuat bahan presentasi. Dan sekaligus untuk berpresentsi. Dalam hal ini, bahan presentasi bisa melibatkan teks, suara, gambar, video,dan animasi. PowerPoint merupakan contoh program presentasi yang terkenal dikalangan / lingkungan Window, sedangkan StarOffice Impress adalah contoh program presentasi di lingkungan linux.

Program pengolah citra

Program pengolah citra (image processing) adalah program yang digunakan untuk memanipulasi citra (gambar ataupun foto),berbagai contoh aplikasi pengolahan citra yang terkenal, dan salah satunya Adobe Photoshop merupakan contoh program yang terkenal di window, sedangkan GIMP merupakan contoh pengolahan citra yang terkenal dalam LINUX.

Surat Elektronik (e-Mail)

Surat elektronik atau pos elektronik  (bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
·         Pengelola e-mail secara desktop.

Groupware

Groupware Adalah perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan kolaborasi, yakni membantu sejumlah orang yang menangani  pekerjaan kelompok. Perangkat lunak ini mendukung sarana kolaborasi seperti surat elektronik, basis data, group diskusi, penjadwalan, dan lain- lain.   Contoh dari Groupware antara lain, Lotus Notes, Novell GroupWise,Microsoft exchange, dan Netscape Communicator.
1)      Microsoft Exchange Server 
Merupakan sebuah produk perangkat lunak pengatur pesan (messaging) dan kolaborasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Produk ini adalah bagian dariplatform Microsoft Windows Server System, dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia. Fitur utama yang ditawarkan oleh Exchange Server mencakup manajemen surat elektronik (e-mail), kalender, kontak, dan tasks; dukungan untuk akses langsung dari Web dan juga perangkat bergerak; dan dukungan untuk penyimpanan data.

2)      DBMS (database management system)

DBMS (database management system) adalah perangkat lunak  yang ditujukan  untuk me laksanakan manajemen data. Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk mnyimpan data, manipulasi data, dan mengambbil data yang sangat mudah dan cepat. Dilingkungan PC yang berbasis Window,  Microsoft Access merupakan contoh DBMS yang sangat  populer.
Personal Information Maneger (PIM)
Personal Information Maneger (PIM) merupakan program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi.   Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas seperti untuk menyimpan dan  mengorganisasikan informasi pelanggan atau klien maupun untuk mencatat jadwal pertemuan. Contohnya, Lotus Organizer dan microsoft Outlook.
Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari Microsoft Office suite. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.
Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer. Tidak ada hubungan antara kedua program ini kecuali namanya. Outlook Express digantikan dengan Windows Mail dalam Windows Vista.
Salah satu tujuan Microsoft adalah membuat program surat-e yang mudah digunakan. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment surat-e. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara ini adalah Melissa dan Sobig .

Web Browser

Web Browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi Web ataupun  untuk melakukan transaksi via web. Contohnya, Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan contoh web browser yang terkenal dilingkungan window. Ada juga browser yang menyediakan untuk berbagai platform seperti opera dan Mozilla Firefox.
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.  Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Sejak 3 April 2003, Firefox dan klien surel Thunderbird telah menjadi fokus utama pengembang Yayasan Mozilla untuk menggantikan Mozilla Suite.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di peramban-peramban web lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan peramban web pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (peramban web terpopuler dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang peramban web.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Firefox dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Versi stabil terbaru Firefox saat ini adalah 9.0.1, yang dirilis pada 21 Desember 2011.
Software Suite adalah  kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah microsoft  Office, Lotus SmartSuite, serta StarOffice. Microsoft Office merupakan produk yang terdiri atas sejumlah program seperti microsoft word, microsoft office , microsoft Excel, microsoft Access, dan beberapa program yang lain. Tentu saja, bila software siute  diinstal pada  komputer akan memakan ruang pada hard disk yang sangat besar, padahal belum tentu semua program akan digunakan oleh pemakai.

Perangkat Lunak Multimedia

Dengan semakin maraknya pengguna multimedia untuk brbagai keperluan, industri, mperangkat lunak multimedia juga berkembang dengan pesat. Sebagaiman diketahui, multimedia adalah teknologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar, dan video.
Beberapa Perangkat lunak yang terkait dengan multimedia, antara lain :
§  Adobe Premiere : Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat film dalam berbagai format seperti (*.AVI, *.MOV).
§  Winamp : Perangkat lunak yang memainkan berbagai jenis berkas audio, seperti MP3.
§  Jet-Audio : Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengkonversi suara dalam kaset atau VCR menjadi data digital.
§  Macromedia Shockwave : Perangakat lunak untuk membuat halaman Web yang dilengkapi dengan audio dan animasi.
Berdasarkan penjelasan yang telah dijelaskan diatas yang menjelaskan tentang fungsi perangkat lunak semuanya merupakan sebuah kontributor penting yang saling berkaitan. Untuk menerapkan online assesment dibutuhkan perangkat lunak yang lengkap. Jadi semua komponen – komponen diatas sangat penting dan saling berkaitan serta saling membutuhkan untuk menerapkan online asssesment.
3.      Piranti otak ( brainware)
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggalyang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
1.     Operator Komputer
Operator komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
2.     Teknisi
Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
3.     Trainer
Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4.     Konsultan
Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
5.     Project Manager
Project Manageradalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor 
6.     Programmer
Programer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
7.     Graphic Designer
Graphic Designerseorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
8.     Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringanadalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
Database administrator adalah brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
10.System Analis
System analis adalah brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya :
1.       Network Platform
a.      Administrator
b.      Backup Operator
c.       Network Config Operator
d.      Power User
e.       Remote Desktop User
f.       Replicator
g.      User
h.      Guest
i.        Debugger User
j.        Help Services Group
2.       Web Platform
a.      Web Master
b.      Designer
c.       Operator
d.      User
3.       Software Builder
a.      Analisis Sistem
b.      Programmer
c.       Operator
Dari piranti otak ini jika dikaitkan dengan assesment adalah yang menjadi pokok terpentingnya adalah terletak pada manusianya. Karena pada piranti otak ini yang menjadi sumber dan alat untuk mengelola semuanya adalah manusia. Oleh karena itu fungsi dan segala sesuatunya tergantung pada manusianya sendiri.
Dalam pelaksanaan asessment itu diperlukan apa yang namanya software,hardware, dan braiware yang mana ketigany itu sangatlah saling mendukung dan saling melngkapi. Jadi intinya pasti terdiri dari software, hardware dan brainware yang sangat berperan penting dalam online asessment
Daftar Pustaka

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.