Situs Penyedia Ebook Gratis

Salah satu situs favorit bagi pecinta ebook adalah http://ebookmeme.com. Situs ini merupakan penjelmaan dari situs http://libproject.net (“almarhum”).

image

Sudah beberapa waktu saya tidak mengunjunginya, terutama karena saya “pindah ke lain hati” karena telah menemukan situs penyedia buku elektronik (ebook) sejenis yang lebih menarik, yaitu: http://en.bookfi.org.

image

Saya katakan lebih menarik, karena antara lain alamat tautan ebook langsung (direct link), sedangkan ebookmeme menyimpannya di http://socifiles.com.

image

Sabtu (11/8) saya coba mengunjungi situs ebookmeme lagi, dengan maksud mencari koleksi buku-buku elektronik terbaru. Ketika itu, peramban (browser) Internet Mozilla Firefox tidak menampilkan apa-apa. Minggu (12/8) dinihari, saya coba lagi. Ternyata, AVG toolbar menampilkan pesan ancaman, sebagai berikut:

clip_image001

Setelah menekan [Tampilkan rincian]

clip_image002

Begitu juga, Comodo Firewall menampilkan pesan sebagai berikut:

clip_image003

Ternyata, ketika kita mengklik di halaman Ebookmeme, secara otomatis akan menampilkan jendela baru menuju halaman iklan dari Clicksor. Iklan-iklan ini menurut WOT memiliki reputasi rendah.

clip_image004

Dengan demikian, perbandingan antara Bookfi dan Ebookmeme, dapat dilihat di tabel berikut:

Bookfi

Ebookmeme

Alamat tautan langsung (direct link) Ebook dititipkan ke Socifiles
Memperkenankan mengunduh secara pararel, yang memungkinkan pengunduhan -menggunakan download manager- lebih cepat.

Tidak diperkenankan

Resumable. Jika pengunduhan bermasalah karena jaringan Internet putus misalnya, Anda dapat memulai kembali dari titik terakhir sebagian ebook tersimpan. Anda harus memulai dari awal. Berapapun pengunduhan telah selesai. Katakan sekalipun sudah mencapai 99,99%.
Relatif aman. Saya katakan relatif karena belum terdapat peringatan dari bodyguard saya. AVG toolbar di peramban Firefox dan firewall Comodo
Tanpa Menampilkan iklan. Bukan sekedar iklan, tapi iklan berbahaya.

Demikian share pengalaman saya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.