Tutorial Membuat Kolom Koran

Word 2007 icon.
Image via Wikipedia

Artikel ini ditulis bersama dengan ibu Yetti Agus Kartikawati, S.Pd. guru SMK Negeri 1 Bondowoso untuk digunakan sebagai panduan praktikum.

Penulisan dokumen dalam format lebih dari satu kolom biasanya ditemukan pada artikel di tabloid, majalah, atau koran. Oleh karena itu, fitur ini dikenal sebagai kolom koran.

Microsoft Word telah dilengkapi dengan fitur untuk menulis kolom koran. Fitur kolom koran dapat diaktifkan dengan perintah:

Klik tab Page Layout, kemudian klik Columns, pilih opsi: One, Two, Three sesuai jumlah kolom yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih opsi: Left (kiri) atau Right (kanan) sesuai dengan pembagian dan peletakan kolom yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengatur dengan lebih leluasa, misal lebar kolom berbeda, dengan mengklik opsi More Columns… yang akan menampilkan lebih banyak opsi, seperti gambar berikut:

image

Anda bisa mengatur Width (lebar), Spacing (spasi atau lebar antar kolom), menambahkan Line between (garis tegak di antara kolom) dengan mencentang opsinya, membuat lebar kolom berbeda atau sama dengan mencentang opsi Equal column width.

Untuk mempraktikkannya, Anda dapat memulainya dari dokumen baru atau dengan melakukan pemformatan dokumen yang sudah ada. Untuk dokumen yang sudah ada, lakukan pemformatan dengan terlebih dulu membloknya. Sebagai contoh, Anda telah memiliki dokumen terdiri dari 4 (empat) alinea atau paragraf. Anda bisa memblok seluruhnya, kemudian memformatnya. Di samping itu, Anda bisa memblok sebagian dokumen, misal paragraf kedua dan ketiga, kemudian memformat jadi dua kolom, sementara paragraf pertama dan keempat tetap satu kolom.

[tweetmeme only_single=”false”]
Enhanced by Zemanta

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.