Orindo

Kendala | Mengapa Perlu Online?

Lokasi toko (outlet) kurang strategis, terletak di Sukosari, Jatisari, Jenggawah. Dua puluh empat kilometer dari pusat kota Jember. Bukan di jalan protokol Jember kota. Hal ini dikarenakan koperasi belum memiliki aset gedung di lokasi strategis, sehingga perlu bermitra dengan pemilik gedung yang berkenan bekerjasama dengan sistem bagi hasil. Sedangkan pemilik gedung lebih memilih sistem sewa gedung

Sebagai dampak lokasi outlet yang kurang strategis, omset penjualan belum bisa optimal. Salah satu penyebabnya, berdasarkan diskusi di grup WA internal anggota koperasi, sejumlah anggota koperasi belum pernah atau jarang berbelanja di outlet karena terkendala jarak yang cukup jauh dari tempat tinggal mereka.

Sedangkan, pendirian outlet baru yang tersebar di sejumlah tempat (ekstensifikasi) atau memperbesar luasan outlet (intensifikasi) memerlukan dana segar yang cukup banyak. Dalam hal ini, ekspansi bisnis memerlukan keterlibatan penyertaan modal dari anggota koperasi, dimana prosesnya memerlukan waktu relatif lama.

Solusi | Memanfaatkan TI

Untuk itu, diperlukan solusi cerdas, yaitu dengan memanfaatkan keunggulan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), berupa pendirian Toko Online Orindo.

Kelebihan Toko Online

Keberadaan toko online memiliki sejumlah kelebihan, antara lain:

memperluas pangsa pasar, dari semula yang hanya terbatas di area sekitar toko (outlet), menjadi lebih luas bahkan hampir tanpa batas, karena bisa diakses dari seluruh dunia (anywhere);

memperpendek jarak, sehingga anggota koperasi dan calon pembeli yang berada atau tinggal di tempat yang jauh dari lokasi toko outlet tetap bisa berbelanja;

memperpanjang masa buka toko, dari sebelumnya hanya 12 jam perhari, yaitu antara pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam, menjadi 24 jam perhari, 7 hari seminggu, sepanjang server bisa diakses (anytime);

mengurangi cost pengeluaran untuk menggaji karyawan, sewa dan pemeliharaan gedung, biaya sewa gedung, langganan listrik, space menata barang dan faktor kehilangan barang;

mempermudah anggota koperasi dan calon pembeli dari khalayak umum memenuhi kebutuhan harian dan bulanannya;

memberdayakan anggota koperasi yang kompeten untuk menangani pengiriman pesanan ke pelanggan sebagai kurir;

memudahkan anggota atau simpatisan untuk ikut menawarkan produk dengan men-share link toko atau link produk peritem disertai narasi persuasif;

Peluang | Pengembangan Lebih Lanjut

Kemitraan dengan UMKM atau anggota koperasi yang memiliki produk unggulan. Produk dipajang secara virtual di toko online. Jika terdapat pemesanan, maka produk baru dikirimkan, langsung dari alamat produsen.

Perluasan penawaran produk, yang sebelumnya hanya terbatas pada produk berupa barang (fisik), ditambah dengan penawaran produk jasa (bekam, bimbel, kos kamar/kontrak rumah, sewa motor/mobil, dll)

Toko Online Orindo 1

Lebih Dekat, Hemat, dan Menebar Manfaat