Mengelola Tugas Siswa Menggunakan Google Classroom

Perkuliahan Universitas Terbuka (UT) semester 2020.1, untuk membatasi penyebaran virus Corona, telah sepenuhnya online. Tutorial webinar (tuweb) menggunakan platform Microsoft Teams dan aplikasi WhatsApp untuk kegiatan diskusi.

Begitu juga sebagian perkuliahan berpraktik, antara lain matakuliah PKP. Pada perkuliahan dalam kondisi normal, mahasiswa peserta matakuliah melakukan serangkaian kegiatan: (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran, (2) menganalisis dan menemukan permasalahan pembelajaran, dll.

Perkuliahan pada masa pandemik, menuntut dilakukan penyesuaian. Secara garis besar, kegiatan mahasiswa menjadi: (1) melakukan analisis terhadap video pembelajaran yang tersedia di Portal Guru Pintar Online (GPO) (http://www.gurupintar.ut.ac.id/) atau di YouTube (https://www.youtube.com/), (2) menyusun RPP Perbaikan 1 dan 2, serta (3) membuat video pembelajaran perbaikan 1 dan 2.

Mahasiswa mengumpulkan tugas tutorial ke-2 dan ke-3, berupa video pembelajaran yang berukuran relatif besar, terdapat beberapa opsi:

Opsi pertama, mahasiswa mengumpulkan langsung melalui pesan pribadi atau melalui WAG. Praktis, tapi akan memberatkan bagi smartphone Tutor yang harus menerima dan menyimpan kurleb 10-15 video pembelajaran, dikalikan 2 (TT 2 dan 3). Namun ini bisa disiasati dengan mengakses WA melalui laptop di laman (https://web.whatsapp.com/), kemudian mengunduh dan menyimpan video di laptop.

Opsi kedua, mahasiswa mengirim melalui email. Jika dikirim sebagai attachment (lampiran), kemungkinan akan ditolak karena ukurannya terlalu besar. Untuk itu mahasiswa perlu mengunggah file video ke akun Google Drive (https://drive.google.com/drive/) lalu membagikan tautan (link) melalui email atau pesan WhatsApp.

Bisa juga, mahasiswa mengunggah ke layanan YouTube (https://www.youtube.com/) lalu membagikan tautan (link) melalui email atau pesan WhatsApp. Namun, ini untuk bisa mengunggah video ke YouTube menuntut mahasiswa membuat Channel YouTube terlebih dulu.

Saya memilih opsi ketiga, dengan membuat kelas virtual menggunakan Google Classroom. Beberapa keuntungannya:

(1) Mahasiswa bisa mengunggah video pembelajaran secara langsung di tempat yang telah disediakan. Mahasiswa tidak perlu lagi membagikan link atau tautan.

(2) Pengumpulan video pembelajaran tidak lagi memberatkan memori smartphone tutor.

Berikut adalah tampilan tugas tutorial kedua mahasiswa, berupa video pembelajaran.

Pertama, login ke akun Google Classroom (https://classroom.google.com/h)

Kedua, untuk menambah kelas, klik ikon “tanda plus” di bagian kanan atas, lalu klik “Buat Kelas”.

Ketiga, ketika tampil :konfirmasi”, centang di kotak isian dan klik “Lanjutkan”

Keempat, isi data mata pelajaran, kelas dll.

Kelima, kelola isi kelas

Keenam, klik ikon atau tombol “+ Buat” untuk menambah tugas

Ketujuh, klik ikon di kanan “Siswa” untuk menambah siswa